Cara Masuk Recovery Mode Pada Sony Xperia


Jika boleh kami memberikan julukan terhadap “Recovery Mode”, maka kami akan mengatakan bahwasanya Recovery Mode merupakan gerbang solusi. Artinya jika kita menemukan permasalahan atau perangkat android kita bermasalah maka pintu atau jalan untuk memperbaikinya dengan memanfaatkan Recovery Mode. Dan sebenarnya Recovery Mode bukan hanya untuk mengatasi sebuah permasalah atau error yang kerap terjadi, namun dapat juga kita gunakan fitur ini untuk menginstall CustomROM.


Recovery Mode – Sony Xperia

Untuk masuk ke Recovery Mode ini pada Sony Xperia Z1 ini, kita bisa melakukannya dengan 3 (tiga) cara, yakni cara pertama dengan memanfaatkan kombinasi tombol yang ada pada perangkat itu sendiri, Cara kedua adalah dengan menginstall aplikasi ADB (Android Debug Bridge) di PC, dan cara ketiga adalah adalah dengan menginstall aplikasi QuickBoot App di perangkat anda sendiri. Berikut penjelasan ketiga cara tersebut.
Cara Pertama :
  1. Matikan Sony Xperia anda.
  2. Nyalakan kembali, ketika anda melihat LED menyala, tekan tombol “Volume Up” berulang – ulang hingga perangkat anda masuk ke recovery mode.
Cara Kedua :
  1. Pastikan anda telah menginstall driver Sony Xperia anda di komputer.
  2. Download file ADB, klik disini.
  3. Extrak file yang telah anda download tadi.
  4. Hubungkan perangkat anda ke komputer dengan kabel USB. Pastikan anda telah meng-enable USB Debugging  dan Developer Options. Silahkan anda baca : Arti dan Fungsi USB Debugging di Smartphone Android
  5. Ketika anda menghubungkan perangkat ke komputer, akan muncul pemberitahuan apakan anda akan mengaktifkan “USB Debugging” pilih “OK”.
  6. Kemudian buka folder hasil ekstrak file ADB yang anda download (Langkah 2 dan 3).
  7. Klik 2x dan Jalankan file Boot into Recovery Mode.bat‘, kemudian ketikkan “adb reboot recovery”, maka perangkat anda akan reboot dan masuk ke Recovery Mode.
Cara Ketiga :
  1. Buka aplikasi Play Store.
  2. Pada form pencarian ketikkan Quick Boot App”.
  3. Download dan install aplikasi tersebut di perangkat anda.
  4. Setelah selesai di install langsung saja buka/jalankan aplikasi tersebut.
  5. Terakhir pilih menu Recovery, maka otomatis perangkat anda akan reboot dan masuk ke Recovery Mode.
Selesai tinggal anda pilih cara paling mudah menurut anda.
Previous
Next Post »